Selasa, 16 Juni 2015

5 Tips Jitu Mengoptimalkan Kinerja Smartphone Android untuk Pebisnis

Smartphone Android  saat ini memang sudah dijadikan sebagai salah satu kebutuhan bagi banyak orang, termasuk juga bagi para pebisnis. Android selalu menjadi pilihan favorit bagi para pebisnis, karena kegiatan bisnis dapat dijalankan dengan mudah melalui OS buatan Google ini. Android juga dapat diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau dengan ribuan pilihan aplikasi yang dapat dipasang di dalamnya. Namun sangat disayangkan jika fungsi smartphone Android justru tidak dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh para pebisnis demi menunjang kegiatan bisnisnya.

Tidak lebih dari 50 persen dari keseluruhan fungsi Android yang dimanfaatkan oleh sebagian besar para pebisnis tersebut. Oleh karena itu, para pebisnis harus lebih belajar lagi agar smartphone Androidnya dapat difungsikan dengan lebih optimal. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pebisnis agar fungsi smartphone Android dapat digunakan secara optimal dalam berbisnis.

1. Ketahui Batas Kemampuan Maksimal Smartphone
Semakin beragamnya merk dan spesifikasi dari smartphone Android tentunya juga akan membuat kemampuannya semakin beragam. Agar smartphone Android dapat berjalan lebih optimal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu batas kemampuan maksimal yang dapat dilakukan oleh smartphone Android Anda. Dengan mengetahui batas kemampuan maksimal smartphone Android, maka Anda dapat menentukan aktivitas bisnis yang mungkin dapat Anda lakukan melalui smartphone dan juga untuk mencegah terjadinya performa smartphone yang turun karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan sehingga akan melampaui batas kemampuan spesifikasinya. Beberapa software gratis dapat Anda gunakan untuk mengetahui batas kemampuan smartphone Android secara teknis, seperti CPU-Z, Antutu dan Quadrant. Semua aplikasi tersebut dapat Anda peroleh dengan melakukan pengunduhan secara gratis di Google Play Store.

2. Rencanakan Kegiatan yang akan dilakukan di Smartphone
Jika Anda telah mengetahui batas kemampuan maksimal smartphone yang Anda gunakan, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan tentang kegiatan yang akan Anda lakukan di smartphone. Berbagai aplikasi bisnis dari beragam tema dapat Anda pilih seperti chatting, browsing, push mail, shopping, banking, serta yang lainnya. Berbagai perencanaan untuk kegiatan bisnis yang ingin dilakukan melalui aplikasi Android juga dapat Anda tuliskan pada sebuah catatan kecil agar hal – hal yang harus dilakukan dalam memaksimalkan bisnis akan selalu teringat hingga aplikasi benar – benar terpasang di smartphone Android Anda.

3. Gunakan Aplikasi Dengan Bijak
Jika semua rencana kegiatan bisnis telah tersusun, tips berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengunduhan dan instalasi aplikasi yang telah Anda pilih. Jika proses pengunduhan dan instalasi telah selesai, maka Anda harus dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan bijak. Gunakan lah aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda lakukan, bukan malah digunakan untuk sesuatu hal yang sia – sia. Seperti halnya pada aplikasi media sosial dan instant messaging yang justru digunakan oleh para pebisnis untuk keperluan yang tidak ada hubungannya dengan bisnis itu sendiri. Sehingga hal ini tidak sejalan dengan konsep optimalisasi Android for bussiness. Bagi pengguna Android yang mempunyai spesifikasi terbatas, maka lakukan pemilihan terhadap aplikasi bisnis dan gunakan lah aplikasi yang benar – benar sesuai dengan kinerja smartphone Anda.

4. Upgrade OS Resmi Sesuai Rekomendasi
Operating System (OS) pada Andoid akan mempunyai beberapa pembaharuan dalam jangka waktu tertentu. Pihak Android melakukan pembaharuan sistem tersebut dengan berbagai tujuan yang tentunya agar performa Android dapat semakin meningkat. Jika OS meminta Anda untuk menjalankan pembaharuan dalam sebuah notifikasi di smartphone, maka Anda sebaiknya melakukannya.  Pastikan OS yang akan Anda update merupakan resmi dari Google, bukan malah dari yang abal-abal. Jika proses upgrade pada OS telah dilakukan, maka aktivitas berbisnis Anda melalui Smartphone Android akan lebih mudah untuk dapat dilakukan.

5. Rajin Membersihkan Isi Smartphone
Melakukan pembersihan dan penghapusan isi smartphone secara rutin dan kontinyu menjadi tips terakhir yang dapat Anda lakukan agar Android dapat berjalan optimal untuk kegiatan bisnis Anda. File sampah atau sejenisnya biasanya akan tertinggal pada smartphone yang sudah lama digunakan. Adanya sampah file tersebut dapat membuat kinerja dan aktivitas smartphone Android menjadi semakin lelet atau lambat. Sehingga, lakukan lah pembersihan secara rajin pada semua file sampah yang sudah tidak diperlukan lagi agar fungsi Android tetap dapat dioptimalkan untuk kegiatan bisnis. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menutup semua aplikasi yang sedang tidak digunakan, mengoptimasi penggunaan memory menggunakan software pembersih memory, dan juga melakukan penghapusan pada software yang sudah tidak Anda gunakan.
    TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail