Senin, 08 Juni 2015

Langkah Mudah Mengupgrade Windows 8 ke Versi Final

Beberapa edisi dimiliki oleh Windows 8 pada proses pengembangannya dulu sebagai bahan uji coba ke publik seperti Sistem Operasi Windows 8 Developer Preview, Sistem Operasi Windows 8 Consumer Preview dan untuk yang terakhir sebelum final dirilis adalah Windows 8 Release Preview. Namun, semua edisi tersebut tidak dapat digunakan selamanya karena Windows 8 telah mematok batas akhir penggunaan pada Windows 8 edisi uji coba tersebut di tanggal tertentu sebagai. Jika ingin mengetahui batas tanggal akhir pada Windows 8 Preview, maka Anda dapat menuliskan perintah winver pada layar Start.

Saat telah masuk masa kadarluarsa, maka Windows 8 Preview sudah tidak dapat digunakan kembali sehingga Windows 8 versi penuh harus Anda instal karena Windows 8 Preview tidak dapat diupgrade. Pada kondisi standar, DVD Windows 8 versi final memperbolehkan upgrade hanya dari system operasi Windows 7, juga Windows Vista, serta Windows XP. Windows 8 yang telah kadarluarsa tidak akan diijinkan melakukan upgrade ke Windows 8 yang lebih baru oleh installer.

Namun, Anda dapat mengakali installer Windows 8 agar tetap mendukung upgrade pada Windows 8 Preview dengan langkah-langkah berikut ini. Namun sebelumnya, Anda harus melakukan back-up data terlebih dahulu.

1.    Pertama siapkan lah DVD installer Windows 8 Pro karena Microsoft juga memberikan edisi uji cobanya pada edisi Pro sehingga upgrade juga harus dilakukan ke edisi yang setara. Jika installer Windows 8 yang Anda miliki masih dalam bentuk ISO, Anda dapat membakarnya terlebih dahulu ke dalam DVD. Setelah itu, aplikasi pihak ketiga seperti Daemon Tools atau Virtual Clone Drive dapat Anda gunakan. Anda juga dapat mengakali agar installer dapat di-burn ke flash disk.

2.    Harddisk harus dikosongkan hingga tersisa ruangan minimal 16 GB.


3.    DVD Windows 8 Anda masukkan ke DVD-ROM atau mount file image installer Windows 8 ke kandar virtual.

4.    Jalankan Windows Explorer untuk menjelajah isi installer Windows 8.


5.    Buat lah folder baru pada salah satu partisi harddisk dan pastikan ruang kosong masih tersisa sebesar 5 GB di dalamnya sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.


6.    Lakukan penyalinan pada semua file dan folder yang terdapat di DVD Windows 8 ke dalam folder yang baru saja Anda buat.

7.    Jika proses penyalinan telah selesai, Anda dapat mengeluarkan DVD Windows 8 dari DVD ROM.

8.    Buka lah folder yang berisi salinan installer Windows 8 tersebut. Kemudian, buka sub folder Sources yang terdapat di dalamnya, lalu cari lah file dengan nama cversion.ini.


9.    Jalankan file cversion.ini dan isikan nilai yang ada di baris MinClient dengan angka 8400 atau dapat juga diisi menggunakan versi preview lain yang sedang Anda gunakan. Jika Anda tidak mengetahui versi yang sedang digunakan, Anda dapat melihat informasi edisi evaluasi di bagian pojok kanan bawah pada layar desktop Anda.

10.    Untuk menyimpan perubahan, klik File > Save.

11.    Jalankan file setup.exe yang terdapat di folder yang telah Anda buat.

12.    Klik tombol Install now dari jendela konfirmasi ketika muncul konfirmasi dari UAC.


13.    Anda dapat melanjutkan proses instalasi Windows seperti biasanya, termasuk update Windows.


14.    Pilih I accept the license terms saat EULA muncul, kemudian klik Next.


15.    Selanjutnya, akan muncul pertanyaan terkait lokasi penyimpanan setting Windows, terus file dan aplikasinya, dan juga penyimpanan file pribadi. Untuk menyimpan semua yang ada di Windows saat ini, pilih Keep Windows settings, personal files, and apps. Untuk melakukan penyimpanan pada data saja, pilih Keep personal files only, atau pilih Nothing jika hanya ingin mengupgrade Windows tanpa menyimpan data yang terdapat di dalamnya.


16.    Dua opsi instalasi aktif kemudian akan dimunculkan dengan opsi yaitu custom dan upgrade. Untuk melanjutkan proses upgrade, klik tombol Upgrade.


17.    Kompatibilitas hardware dan software kemudian akan diperiksa oleh Windows untuk selanjutnya seluruh proses instalasi akan diselesaikan. Transfer file, seting, dan program juga akan dilakukan Windows hingga menghabiskan waktu sekitar 1 jam.

18.    Jika proses instalasi telah selesai, maka Windows 8 Pro versi penuh sudah dapat Anda gunakan.

Selamat mencoba!
TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail