Sabtu, 20 Juni 2015

Mengenal Lebih Dekat Gorilla Glass Sebagai Teknologi Screen Protektor Terbaik di Smartphone

Mengenal Lebih Dekat Gorilla Glass Sebagai Teknologi Screen Protektor Terbaik di Smartphone
Lag dan error yang sering dialami smartphone tentunya dapat membuat Anda merasa kesal dan tidak sabar. Aktivitas mobile yang menjengkelkan tidak hanya disebabkan karena kondisi smartphone yang lemot, tetapi juga dapat disebabkan karena penggunaan smartphone yang memiliki layar lecet sehingga dapat mengganggu pandangan dan penggunaan smartphone pun menjadi semakin sulit.

Sejak hadirnya teknologi Gorilla Glass, semuanya menjadi berubah. Saat ini teknologi tersebut telah banyak digunakan pada smartphone dan juga beberapa perangkat elektronik lainnya. Teknologi Gorilla Glass dikenal tangguh namun tetap estetis.

Sejarah Pembuatan Gorilla Glass

Sebelum Gorilla Glass dibuat, pengembangan kaca yang disebut sebagai project muscle telah lebih dulu dilakukan oleh perusahaan Corning Inc. pada tahun 1960 dengan menambahkan beberapa bahan kimia tertentu. Sesaat setelah project muscle berhenti, Chemcor Glass juga sempat dibuat oleh Corning. Chemcor Glass inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Gorilla Glass pada saat ini. Pada saat itu, Chemcor Glass hanya diproduksi sejumlah 100 buah dan pengaplikasiannya dilakukan pada mobil. Karena mobil yang menggunakan kaca ringan ternyata kecepatan maksimum mobilnya dapat ditingkatkan.

Sejarah lahirnya Gorilla Glass bermula saat plastik berat digunakan oleh Steve Jobs sebagai bahan material pada layar iPhone. Saat iPhonenya ia letakan di saku, ternyata kunci yang juga berada di dalamnya mampu menyebabkan goresan pada permukaan layar iPhone. Karena kejadian tersebut, Steve kemudian langsung menghubungi CEO Corning untuk memesan kaca yang ringan dan kuat agar dapat digunakan sebagai layar iPhone. Untuk menyanggupi permintannya tersebut, akhirnya project muscle berhasil dilanjutkan oleh Corning agar Corning Glass dapat dihadirkan sejak tahun 2007 sebagai bagian dari material iPhone.

Definisi dan Keunggulan Gorilla Glass

Gorilla Glass dapat didefinisikan secara harfiah yaitu sebagai lembaran – lembaran kaca yang terbuat dari kaca aluminosilikat alkali dengan karakteristik yang ringan dan tipis namun kuat. Lahirnya Gorilla Glass tentunya dapat memberikan kecanggihan tersendiri dalam perkembangan dunia smartphone serta gadget mobile modern. Hal tersebut disebabkan karena berbagai keunggulan yang tersedia di Gorilla Glass namun tidak dimiliki oleh teknologi layar smartphone yang lainnya. Kaca pada Gorilla Glass mempunyai kekuatan yang lebih baik dibanding dengan jenis kaca lainnya. Hal ini disebabkan karena komposisi garam kalium cair yang diproses melalui pemanasan dengan suhu 4000 derajat celcius serta dilengkapi dengan penambahan ion lainnya dapat membuat kalium menyebar dengan merata sebagai ion pada kaca.

Tampilan layar yang jernih dan tajam juga mampu diberikan oleh Gorilla Glass sehingga teknologi layar Full HD dan layar 3D dapat didukungnya. Meski teknologinya terbilang canggih, tekstur yang tipis juga dimiliki oleh Gorilla Glass sehingga sensitivitas sentuhannya dapat ditingkatkan pada perangkat teknologi yang menggunakan sistem touch screen. Karena pembuatannya tidak menggunakan besi berat yang dapat mencemari lingkungan, maka Gorilla Glass juga dapat menjadi teknologi layar yang ramah lingkungan. Gorilla Glass jga dapat didaur ulang menjadi kaca yang baru seperti pada kaca biasa.

Gorilla Glass Waterproof dan Gorilla Glass Scratch Resistant

Kecanggihan Gorilla Glass yang telah banyak digunakan pada berbagai perangkat teknologi ternyata mempunyai 2 jenis yang berbeda yaitu Gorilla Glass wateproof dan Gorilla Glass scratch resistant. Gorilla Glass waterproof mempunyai kemampuan yang tahan jika digunakan di dalam air sehingga lebih sesuai untuk diaplikasikan pada gadget atau perangkat teknologi dengan aktivitas di dalam air. Bagi para instruktur selam atau orang dengan hobi diving pastinya akan memerlukan teknologi Gorilla Glass waterproof agar smartphonenya dapat tetap mereka gunakan meski sedang melakukan aktivitas di dalam air.

Sedangkan Gorilla Glass scratch resistant mempunyai teknologi yang tahan terhadap goresan dan benturan. Teknologi Gorilla Glass scratch resistant dapat membuat permukaan layar smartphone menjadi tidak mudah tergores sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan layar smartphone yang Anda gunakan.

Teknologi yang nampaknya sederhana namun sangat hebat ini tentunya akan membuat banyak produsen perangkat teknologi untuk berlomba – lomba dalam menambahkan teknologi Gorilla Glass di produknya. Mungkin di masa depan nantinya akan lahir generasi Gorilla Glass yang mempunyai kecanggihan jauh melampaui generasi teknologi sebelumnya.
TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail