Senin, 22 Juni 2015

Mengenal Lebih Dekat Wiko Mobile – Produk Smartphone Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Mengenal Lebih Dekat Wiko Mobile – Produk Smartphone Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Indonesia tampaknya masih akan menjadi salah satu magnet yang kuat di tahun 2015 ini bagi perkembangan industri smartphone di dunia. Agar dapat memenangkan persaingan, produsen lokal maupun produsen dari luar negeri bahkan masih berlomba – lomba dalam menciptakan ragam produk smartphone yang berkualitas dengan harga yang beragam.

Persaingan industri smartphone di Indonesia tidak hanya diikuti oleh produsen lama, tetapi juga diikuti oleh beberapa pesaing baru yang muncul untuk berkompetisi di industri smartphone tanah air. Wiko Mobile menjadi salah satu pesaing baru yang muncul di periode awal tahun 2015 lalu.

Sekilas tentang Wiko Mobile
Wiko Mobile merupakan produsen smartphone yang asalnya dari Perancis. Kegiatan operasional mulai dilakukan di kota Marseille sejak tahun 2011, hingga periode akhir 2014 Wiko Mobile mengaku dirinya sebagai produsen smartphone yang penjualan secara onlinenya menempati posisi kedua di Perancis. Hal ini diakui Wiko Mobile setelah pangsa pasar smartphone berhasil dikuasainya sebanyak 14.2% di Perancis. Meski asalnya dari Perancis, namun sebagian besar saham Wiko Mobile ternyata telah dikuasai oleh produsen smartphone asal China yang bernama Tinno Mobile.

Ketertarikan Wiko Mobile masuk ke Pasar Indonesia

Karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak dan menjadi salah satu negara  dengan penduduk terbanyak di dunia membuat Wiko Mobile melihat kesempatan besar di dalamnya untuk dapat mengekspansi bisnis di Indonesia. Djanto Djojo yang merupakan CEO Wiko Mobile Indonesia menyebutkan bahwa masuknya Wiko Mobile ke pasar smartphone di Indonesia baru mencapai 45% dari 250 juta penduduk. Penduduk yang tidak mempunyai smartphone masih dapat menggunakan feature phone sebagai media dalam komunikasi. Hal ini lah yang kemudian dipandang oleh Wiko Mobile sebagai salah satu kesempatan emas agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang belum mencicipi teknologi smartphone.

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh Wiko Mobile, Indonesia mempunyai penduduk di kalangan ekonomi menengah yang berjumlah kurang lebih sekitar 74 juta jiwa pada tahun 2015. Pada tahun 2020, jumah ini diperkirakan akan semakin bertambah hingga 2 kali lipat sehingga segmentasi pengguna smartphone di Indonesia juga akan ikut meningkat.

Wiko Mobile sepertinya tidak ingin terlalu tergesa – gesa dalam menyebarkan produknya agar dapat mencapai target yang diiinginkan. Pada tahun 2015, Wiko Mobile akan dijalankan sembari mengenal pasar smartphone Indonesia dan mencari tahu hal – hal apa saja yang diperlukan oleh pengguna smartphone di Indonesia. Sedangkan pada tahun 2016, Wiko Mobile berencana akan menargetkan sebanyak 12% marketshare penjualan smartphone di Indonesia.

Daftar Produk Wiko Mobile untuk Pasar Indonesia

Pada awal tahun 2015, 12 produk smartphone tercatat telah dimilikinya. Wiko Mobile telah hadir di Indonesia dengan menawarkan 6 varian produk yang dianggap sesuai dengan karakteristik pengguna smartphone di Indonesia. Enam varian smartphone tersebut yaitu Wiko Highway 4G, Wiko Rainbow, Wiko Bloom, Wiko Lenny, Wiko Getaway, dan tearkhir Wiko Fizz.

Keunggulan dimiliki oleh keenam produk Wiko Mobile tersebut dan dirasa cocok dengan karakteristik para pengguna smartphone di Indonesia. Sebagai contoh, Wiko Rainbow menawarkan pilihan warna yang segar dan variatif, Wiko Highway 4G dilengkapi dengan prosesor yang handal dan teknologi Gorilla Glass, dan Wiko Fizz dibandrol dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp 750.000.

Adanya adapter simcard di dalam paket penjualan smarthphone menjadi salah satu keunikan lainnya yang tidak dimiliki oleh para kompetitor Wiko Mobile yang lainnya. Sehingga ukuran simcard tidak perlu lagi disesuaikan dengan smartphone Wiko Mobile yang baru saja Anda beli.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan peraturan dalam penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yaitu sebesar 40% untuk smartphone yang mempunyai teknologi 4G. Agar dapat mematuhi peraturan pemerintah tersebut, Wiko Mobile bahkan telah merencanakan pendirian pabrik di Indonesia. Namun hingga saat ini, rencana tentang pendirian pabrik Wiko Mobile di Indonesia masih harus melewati tahap perencanaan serta pematangan konsep.

Upaya Pemasaran di Indonesia

Baik melalui jalur penjualan offline ataupun online, Wiko Mobile saat ini sudah tersedia di pasaran smartphone. Wiko Mobile bahkan mengaku telah menggandeng berbagai perusahaan retail besar dan Lazada yang dapat membantu memasarkan produknya. Wiko Mobile mengatakan tidak ingin tergesa – gesa karena masih berusaha untuk melakukan penetrasi pasar smartphone di Indonesia.

Produk – produk smartphone canggih buatan Wiko Mobile saat ini dapat dinantikan kehadirannya yang akan turut serta dalam meramaikan persaingan pasar smartphone di Indonesia. Namun Anda tetap harus teliti dan cermat sebelum melakukan pembelian smartphone yang diinginkan.
TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail